Alur PMB Universitas Yapis Papua Tahun Akademik 2020/2021

Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat info grafis Pendaftaran Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 disini


A. Proses Pengambilan Formulir PMB

  1. Calon mahsiswa datang ke Kampus Uniyap dan menuju Loket PMB di lt.4 Gedung A.
  2. Calon mahasiswa melakukan transaksi pengambilan formulir di loket PMB
  3. Petugas loket akan memproses transaksi pembayaran formulir dan calon mahasiswa diberi bukti untuk pembayaran.
  4. Calon mahasiswa mengembalikan formulir pendaftaran di Loket PMB yang dilengkapi dengan dokumen persyaratan lainnya.
  5. Petugas menerima formulir pendaftaran mahasiswa baru dan memeriksa kelengkapan dokumen.
  6. Petugas memberikan Kartu Ujian Seleksi Masuk dan Jadwal Pelaksanaan kepada calon mahasiswa.

B. Proses Tes Masuk Mahasiswa Baru

  1. Calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Seleksi Masuk dan Wawancara sesuai dengan nomor tes yang tertera pada Kartu Ujian.
  2. Hasil seleksi Ujian Seleksi Masuk akan di umumkan oleh BIPPI UNIYAP melalui Media Informasi, Media Elektronik, Media Cetak, dan Media Sosial UNIYAP.
  3. Calon mahasiswa yang Lulus Ujian Masuk melapor ke BIPPI UNIYAP untuk melakukan Proses Daftar Ulang (Her Registrasi).
  4. Petugas BIPPI Uniyap melakukan Verifikasi data calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus seleksi dan memberikan surat pernyataan yang di tandatangani di atas materai.
  5. Calon mahasiswa membawa surat pernyataan ke Bagian Keuangan dan mengambil Slip Pembayaran melalui Bank BRI.
  6. Calon Mahasiswa yang dinyatakan Tidak Lulus seleksi masuk dapat mengikuti pendaftaran di gelombang berikutnya.

C. Proses Pembayaran Angsuran Pertama/Registrasi

  1. Calon mahasiswa baru melakukan transaksi pembayaran melalui teller di Bank BRI.
  2. Calon mahasiswa baru menyerahkan Slip Pembayaran dari Bank BRI ke Bagian Keuangan.
  3. Bagian Keuangan memvalidasi bukti pembayaran dari Bank BRI dan memberikan Kartu Pembayaran kepada Calon mahasiswa baru.
  4. Calon mahasiswa baru menerima kartu pembayaran yang telah di stempel Lunas oleh bagian keuangn kemudian dibawa ke BIPPI Uniyap.
  5. Petugas BIPPI menerima Kartu Pembayaran dari Calon mahasiswa baru dan menerbitkan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) untuk di isi pada Kartu Pembayaran.
  6. Mahasiswa membawa kartu pembayaran yang telah diberikan NPM ke bagian BAAK lt. 6 Gedung Baru.
  7. Petugas BAAK menerima Kartu Pembayaran dan memberikan Formulir pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) dan Kartu Kontrol untuk diisi oleh Calon mahasiswa baru.
  8. Calon mahasiswa baru membawa KRS dan Kartu Kontrol ke Program Studi untuk mendapatkan arahan mengenai tatacara pengisian KRS, pengisian Kartu Kontrol dan Jadwal Kuliah.
  9. Calon mahasiswa baru mengembalikan KRS dan Kartu Kontrol yang telah di isi dan di tandatangani oleh penasihat akademik dan program studi ke Bagian BAAK.