Kami berharap pendaftar mewaspadai modus penipuan yang mengatasnamakan Universitas Yapis Papua dengan tidak mempercayai informasi apapun selain yang tertulis dalam laman web pmb.uniyap.ac.id.

Pembayaran pendaftaran PMB UNIYAP dan registrasi hanya dilakukan dengan rekening atas nama UNIVERSITAS YAPIS PAPUA. Informasi mengenai pembayaran registrasi yang ditujukan ke rekening atas nama pribadi dapat dipastikan sebagai upaya penipuan.

Kenali lebih lanjut modus penipuan yang mungkin terjadi melalui informasi di bawah ini.

A. Identifikasi Penipuan via Telepon

UNIYAP tidak pernah menghubungi pendaftar maupun calon mahasiswa melalui telepon.

Jangan mempercayai telepon dari pihak yang mengatasnamakan UNIYAP dan menawarkan pola seleksi di luar yang telah tertulis dalam laman web pmb.uniyap.ac.id. Informasi semacam ini dapat dipastikan sebagai upaya penipuan.

B. Identifikasi Penipuan via E-Mail

UNIYAP tidak pernah menginformasikan surat kelulusan, KTM, dan nomor rekening melalui email.

Waspada terhadap penipuan melalui email (email phishing) yang terlihat seakan-akan berasal dari UNIYAP. Email ini berisi informasi nomor rekening dan atau surat keterangan kelulusan palsu. Tanda-tanda lain yang mengindikasikan email penipuan adalah adanya lambang tanda tanya dalam foto profil email. Selain itu, terdapat lampiran yang berisi surat keterangan palsu dengan gambar logo UNIYAP dan pindaian tanda tangan pejabat UNIYAP yang terdistorsi atau tampak terlalu melebar ke samping, yang menunjukkan bahwa gambar tersebut telah disalin.

C. Identifikasi Penipuan via SMS/Whatsapp

UNIYAP tidak pernah mengirim SMS untuk meminta pendaftar dan atau orang tua pendaftar agar menghubungi pihak tertentu.

Jangan membalas SMS ataupun Whatsapp yang meminta agar pendaftar menghubungi pihak tertentu yang mengatasnamakan pejabat UNIYAP. Seluruh staf dan pimpinan di lingkungan UNIYAP tidak pernah mengirim SMS ataupun Whatsapp kepada pendaftar dan atau orang tua pendaftar. Panitia PMB UNIYAP hanya mengirimkan SMS/Whatsapp kepada pendaftar dari nomor call center 0812 4004 7755.

D. Identifikasi Penipuan via Website

Alamat laman web (website) penerimaan mahasiswa baru UNIYAP adalah pmb.uniyap.ac.id

Penipuan melalui email maupun telepon dapat mengarahkan Anda ke laman web yang sangat meyakinkan. Perhatikan ciri-ciri laman web (website) palsu berikut ini:

  • URL tidak benar. Contohnya, Anda melihat pmb.uniyap.com atau uniyap.com dan bukan alamat yang benar yaitu pmb.uniyap.ac.id atau uniyap.ac.id
  • Lokasi ikon gembok tidak berada pada tempat yang seharusnya. Ikon tersebut harusnya ada di status bar di sebelah kanan bawah dan bukan di dalam halaman situs.
  • Jika Anda double-click ikon gembok, Anda menerima peringatan bahwa alamat website tidak sesuai dengan security certificate.

E. Pemberitahuan Pengumuman Hasil Seleksi

UNIYAP hanya memberikan pengumuman hasil semua pola seleksi melalui Surat Pemberitahuan yang tersedia di laman web pmb.uniyap.ac.id dan web uniyap.ac.id

Jangan mempercayai informasi hasil seleksi selain dari laman web pmb.uniyap.ac.id dan web uniyap.ac.id Informasi mengenai hasil seleksi selain dari Surat Pemberitahuan yang tersedia di laman web web pmb.uniyap.ac.id dan web uniyap.ac.id dapat dipastikan palsu dan bagian dari upaya penipuan.

F. Rekening Pembayaran

UNIYAP tidak pernah menginformasikan nomor rekening untuk pembayaran terkait pendaftaran PMB maupun registrasi selain ke nomor rekening atas nama UNIVERSITAS YAPIS PAPUA.

Pembayaran hanya dilakukan melalui Kanwil Bank BRI di jalan Ruko Pasifik dan di (loket di Bagian Keuangan, loket cabang, ATM), dengan menunjukkan nomor tagihan. Apabila Anda mendapat informasi nomor rekening yang bukan atas nama UNIVERSITAS YAPIS PAPUA sebagai rekening tujuan pembayaran pendaftaran PMB maupun registrasi, dapat dipastikan itu adalah penipuan.